PROPOSAL
KULIAH
KERJA NYATA
DI
SEKOLAH TAMAN KANAK- KANAK KELURAHAN
SOKANEGARA
PROPOSAL
Diajukan untuk
melengkapi persyaratan
Penyelesaian PPL dan KKN Terpadu 2012
Oleh
1. Dewi Ngesti
Agustin 0901110001
2. Sumini 0901110002
3. Yuli Supriningsih 0901110003
4.
Suci Qurrata A’yun 0901110005
5.
Mistriyanti 0901110016
6.
Amalia Johaningrum 0901110032
7.
Lu’lu’ Marhalati 0901110033
8.
Putri Urip Rahayu 0901110045
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
Tahun 2012/2013
HALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL
KULIAH
KERJA NYATA
DI
SEKOLAH TAMAN KANAK- KANAK KELURAHAN SOKANEGARA
Oleh :
1.
Dewi
Ngesti Agustin 0901110001
2.
Sumini 0901110002
3.
Yuli
Supriningsih 0901110003
4.
Suci
Qurrata A’yun 0901110005
5.
Mistriyanti
0901110016
6.
Amalia
Johaningrum 0901110032
7.
Lu’lu’
Marhalati H 0901110033
8.
Putri
Urip Rahayu 0901110045
Telah diperiksa
dan disetujui oleh :
Kepala Sekolah Dosen
Pembimbing Lapangan
Yanri Hastuti ST, Spd Melati
Ismi Hapsari, Psi.M.Psi
NIP .1966115 198902 2 001 NIK. 21660435
ORGANISASI PELAKSANAAN
1. Ketua
kelompok
Nama : Lu’lu’
Marhalati Hidayat
NIM : 0901110033
Prodi : PG-
PAUD
Fakultas : FKIP
2. Sekretaris
Nama : Yuli Supriningsih
NIM : 0901110003
Prodi : PG-PAUD
Fakultas : FKIP
3. Bendahara
Nama : Mistriyanti
NIM : 0901110016
Prodi : PG-PAUD
Fakultas : FKIP
4. Anggota
Nama :
Dewi Ngesti Agustin
NIM : 0901110001
Prodi : PG-PAUD
Fakultas :
FKIP
5. Anggota
Nama :
Sumini
NIM : 0901110002
Prodi : PG-PAUD
Fakultas :
FKIP
6. Anggota
Nama :
Suci Qurrata A’yun
NIM : 0901110005
Prodi : PG-PAUD
Fakultas :
FKIP
7. Anggota
Nama :
Amalia Johaningrum
NIM : 0901110032
Prodi : PG-PAUD
Fakultas :
FKIP
8. Anggota
Nama :
Putri Urip Rahayu
NIM : 0901110045
Prodi : PG-PAUD
Fakultas :
FKIP
DAFTAR ISI
Halaman Judul ............................................................................................... i
Halaman Pengesahan ..................................................................................... i
Organisasi
Pelaksanaan ................................................................................. iii
Kata Pengantar .............................................................................................. v
Daftar Isi........................................................................................................ vi
A.
Judul ........................................................................................................ 1
B.
Analisis Kebutuhan Sekolah ..................................................................... 1
C.
Perumusan Masalah.................................................................................. 2
D.
Tujuan dan Manfaat Program ..................................................................... 3
E.
Keranga Pemecahan................................................................................... 3
F.
Metode dan Rencana Kegiatan ................................................................... 6
G.
Rancangan Evaluasi...................................................................................... 9
H.
Rancangan Kegiatan .................................................................................... 11
I.
Lampiran ..................................................................................................... 12
السلام عليكم ورØمةالله وبركاته
Puji Syukur kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rakhmatNya kepada kita semua sehingga pada
kesempatan ini penyusun diberikan kemudahan dalam membuat proposal Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan
judul “Upaya mengembangkan pembelajaran calistung dengan menggunakan
metode Developmentally Appropriate Practice di Sekolah TK
Kelurahan Sokanegara Purwokerto Timur”, tanpa halangan suatu apapun, tidak lupa pula sholawat serta salam
senantiasa tercurah pada Nabi kita Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya
dan semoga kita tergolong orang-orang yang mendapat syafa’at dari Nya.
Kami sangat mengharapkan atas dorongan dan dukungan dari
semua pihak dalam pelaksanaan PPL Terpadu 2012 yang akan kami laksanakan di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara Purwokerto
Timur. Semoga Allah SWT memberikan kelancaran kepada kami dalam pelaksanaan PPL
dan KKN Terpadu. Amin
والسلام عليكم ورØمةالله وبركاته
Purwokerto, 31 Juli 2012
Tim PPL Terpadu
A.
JUDUL
Upaya mengembangkan pembelajaran calistung dengan
menggunakan metode Developmentally Appropriate Practice di Sekolah TK
Kelurahan Sokanegara Purwokerto Timur
B.
ANALISIS KEBUTUHAN SEKOLAH
TK Sokanegara terletak di Kelurahan Sokanegara. Kecamatan
Purwokerto timur, kabupaten Banyumas. Sekolah tersebut terletak di perkotaan sehingga
mudah dijangkau masyarakat. Secara keseluruhan sekolah itu telah memiliki
sarana dan prasarana yang baik. Sekolah
TK Sokanegara memiliki 6 ruang kelas. Empat diantaranya untuk kelas B dan dua
lainnya untuk kelas A. Sekolah tersebut juga 3 kamar mandi, 1 mushola, 1
gudang, 1 perpustakaan, 1 dapur, 1 ruang area, 1 ruang kepala sekolah, dan
arena permainan outdoor yang luas.
Hal tersebut di atas dapat kami ketahui dari hasil survei yang kami
lakukan pada tanggal 24 - 28 Juli 2012. Kami disambut dan diterima dengan baik oleh kepala sekolah beserta guru-gurunya.
Kami juga melakukan wawancara dengan kepala sekolah untuk mengetahui kondisi sekolah. Selain itu, kami juga berdiskusi
dengan kepala sekolah mengenai program-program yang akan kami lakukan untuk
kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dari hasil diskusi, maka kami dapat mengetahui
kondisi internal sekolah.
1.
Realita
di TK
Sokanegara Purwokerto timur
Berdasarkan
hasil survei dan wawancara dengan
Kepala Sekolah dapat diperoleh informasi sebagai berikut:
a.
Sekolah Tk sokanegara pada awalnya hanya memiliki 3
kelas untuk kelas B. Akan tetapi karena banyaknya pendaftar baru dan pendaftar
SD yang tidak diterima di SD yang diinginkan memilih kembali ke Tk, maka
dibuatlah kelas B4.
b.
Dikarenakan permintaan orangtua murid yang
menginginkan anaknya bisa baca, tulis dan hitung, akhirnya sekolah tersebut
menggunakan 2 kurikulum yaitu kurikulum TK dan kurikulum SD.
c.
Sebelumnya sekolah tersebut menggunakan Satuan
Kegiatan Harian sebagai rencana sebelum pembelajaran. Akan tetapi mulai dari
tahun ini sekolah tersebut akan menggunakan Rencana Kegiatan Harian.
2.
Permintaan
Sekolah
Berdasarkan wawancara dan diskusi kami dengan
pihak sekolah baik Kepala Sekolah maupun guru, pihak sekolah meminta agar
diadakan semacam kegiatan parenting
bagi para orangtua murid dan masyarakat sekitar berkenaan dengan pendidikan dan
kesehatan pada anak usia dini. Untuk hal itu, kemungkinan dapat kami
realisasikan.
C.
PERUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana pembelajaran yang menyenangkan itu?
2. Bagaimana mengembangkan pembelajaran calistung
melalui metode DAP?
3. Bagaimana upaya yang dilakukan agar proses belajar
anak menjadi lebih menyenangkan?
D.
TUJUAN DAN MANFAAT PROGRAM
1. Tujuan
Kegiatan:
a. Untuk
mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas.
b. Untuk
mengembangkan pembelajaran calistung melalui metode DAP.
c. Untuk
mengetahui upaya yang dilakukan agar proses belajar anak menjadi lebih
menyenangkan.
2. Manfaat
Kegiatan :
a. Dapat
membantu guru dalam mengembangkan minat belajar anak didalam kelas.
b. Membantu
anak dalam mengembangkan perkembangan kognitif dan sosial emosional anak.
E.
KERANGKA PEMECAHAN
Setelah mengetahui permasalahan yang ada di Sekolah
TK Kelurahan Sokanegara, dan sesuai dengan apa yang menjadi judul dari program kegiatan ini, maka
dapat disusun kerangka pemecahan masalah seperti tabel berikut.
Kerangka Pemecahan Masalah:
No
|
Program Kegiatan
|
Jenis Masalah
|
Pemecahan Masalah
|
Indikator
|
1
|
Seminar
Parenting
|
a.
Seminar
|
Ø Mengadakan
seminar yang ditujukan kepada wali murid dan guru dengan tema pendidikan
|
Ø Wali
murid dan guru dapat mengetahui pendidikan tentang anak
|
2
|
Pesantren
Kilat
|
a.
Ceramah
b.
Cerita
c.
Mewarnai
|
Ø Mengadakan
ceramah bersama ustadz
Ø Mengundang
Kak Imung untuk bercerita
Ø Mewarnai
bersama
|
Ø Memperdalam
agama
Ø Memotivasi
anak
Ø Mengembangkan
kreativitas dan sosialisasi
|
3
|
Sholat
Jama’ah
|
a.
Sholat
|
Ø Sholat
berjama’ah yang dilaksanakan oleh seluruh guru dan siswa
|
Ø Menjalin
keakraban antara guru dan siswa
Ø Melatih
sholat
|
4
|
Pembenahan
Ruangan
|
a.
Perpustakaan
b.
Area
|
Ø Memindahkan
barang-barang yang ada diperpustakaan
Ø Membersihkan
dan menata perpustakaan
Ø Membuat
kode pada buku
Ø Memindahkan
APE (Alat Permainan Educatif)
Ø Membersihkan
dan menata APE (Alat Permainan Educatif) sesuai dengan Area
Ø Menambahkan APE (Alat Permainan Edukatif) yang baru
|
Ø Perpustakaan
lebih bersih dan rapi, terawat dan terorganisir
Ø Area
lebih bersih dan dapat digunakan untuk bermain sesuai dengan kebutuhan siswa
|
5
|
Workshop
|
F. METODE DAN RENCANA KEGIATAN
Adapun metode dan rencana kegiatan yang akan kami
laksanakan adalah sebagai berikut:
1.
Program kegiatan : Seminar parenting
a.
Jenis kegiatan : Seminar
· Tujuan
: Wali murid dan
guru dapat mengetahui
pendidikan
anak
· Metode
: Praktek dan
kelompok
· Rincian
kegiatan :
-
Koordinasi dengan Kepala Sekolah dan DPL
(Dosen Pembimbing Lapangan)
-
Penyerahan surat atau pengumuman untuk
wali murid melalui wali kelas pada setiap kelas
-
Mengundang Ibu Melati Ismi Hapsari
Psi.M.Psi untuk memberikan pengetahuan mengenai pembelajaran yang menyenangkan untuk anak dan pembelajaran
calistung menggunakan metode DAP di Sekolah TK
Kelurahan Sokanegara
2.
Program kegiatan : Pesantren Kilat
a.
Jenis kegiatan : Ceramah
· Tujuan
: Memperdalam agama
· Metode
: Praktek dan
kelompok
· Rincian
kegiatan :
-
Mengundang Ustadz untuk memberikan
ceramah tentang bulan Ramadhan
b.
Jenis kegiatan : Cerita
· Tujuan
: Memotivasi siswa
· Metode
: Praktek dan
kelompok
· Rincian
kegiatan :
-
Mengundang Kak Imung untuk memberikan
cerita yang dapat
memotivasi anak
c.
Jenis kegiatan : Mewarnai
· Tujuan
: Mengembangkan
kreativitas dan sosialisasi
· Metode
: Praktek dan
kelompok
· Rincian
kegiatan :
-
Mewarnai bersama yang dilaksanakan oleh
seluruh kelas TK Kelurahan Sokanegara
3.
Program kegiatan : Sholat Jama’ah
a.
Jenis kegiatan : Sholat
· Tujuan
: Untuk mengakrabkan
antara guru dan siswa
serta
melatih sholat
· Metode
: Praktek dan
kelompok
· Rincian
kegiatan :
-
Sholat berjama’ah di TK Kelurahan
Sokanegara yang dilaksanakan
oleh seluruh guru dan siswa di TK tersebut
4.
Program kegiatan : Pembenahan ruangan
a.
Jenis kegiatan : Perpustakaan
· Tujuan
: Perpustakaan lebih
bersih, rapi, terawat dan
terorganisir
· Metode
: Kelompok
· Rincian
kegiatan :
-
Memindahkan barang-barang yang ada
diperpustakaan ke ruangan yang baru
-
Membersihkan dan menata barang dan buku
-
Membuat kode pada buku
b.
Jenis kegiatan : Area
· Tujuan
: Area lebih bersih,
rapi dan nyaman untuk
digunakan bermain
· Metode
: Kelompok
· Rincian
kegiatan :
-
Memindahkan APE ke ruangan yang baru
-
Membersihkan dan menata APE sesuai
dengan area
-
Menambahkan
APE yang baru
5.
Program kegiatan : Workshop
a.
Jenis kegiatan : Penyuluhan kepada guru-guru TK
KELURAHAN SOKANEGARA, TK UMP,
TK NEGERI PEMBINA
· Tujuan
: Memberikan
pengetahuan tentang
· Metode
: Praktek dan
kelompok
· Rincian
kegiatan :
-
Mengundang Ibu Melati Ismi Hapsari
Psi.M.Psi selaku DPL untuk memberikan penyuluhan kepada guru-guru
G. RANCANGAN EVALUASI
Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan kelompok,
sasaran dan tujuan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan, maka perlu diadakan
evaluasi.
Adapun indikator pencapaian tujuan dari kegiatan
Kuliah Kerja Nyata di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara adalah sebagai berikut:
1.
Bidang Pembenahan
a.
Perpustakaan
Siswa
dapat melihat atau membaca buku secara nyaman.
b.
Area
Siswa
dapat bermain secara nyaman sesuai dengan kebutuhannya.
2.
Bidang Program Pilihan
a.
Kegiatan Ramadhan
Yaitu
dengan diadakan program pesantren kilat meliputi ceramah dari ustadz, bercerita
yang disampaikan oleh Kak Imung, mewarnai bersama dan sholat jama’ah bersama
yang dilaksankan oleh seluruh guru dan siswa sehingga dapat mempererat tali
persaudaraan dan keakraban antara guru dan siswa di Sekolah TK Kelurahan
Sokanegara.
b.
Kegiatan Seminar
Yaitu
dengan diadakannya program seminar parenting
yang ditujukan untuk wali murid dan guru di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara
dengan mengundang pembicara dari Dosen UMP. Hal ini diharapkan wali murid dan
guru mengetahui pendidikan tentang anak.
H. RANCANGAN KEGIATAN
REKAPITULASI
PENGELUARAN
1. Kesekretariatan
-
Kertas 1 rim 80 gram Rp. 50.000, -
-
Penggandaan propsal dan laporan Rp. 100.000, - +
Jumlah Rp.
150.000, -
2. Pesantren kilat
-
Pembicara ustadz Rp. 150.000, -
-
Pembicara Kak Imung Rp.
200.000, -
-
Kertas manila Rp. 2.000, -
-
Baner Ramadhan Rp. 100.000, - +
Jumlah Rp.
452.000, -
3. Seminar
-
Snack
Jumlah Rp.
450.000, -
4.
APE (Alat Permainan Edukatif)
Jumlah Rp.
500.000, -
TOTAL
PENGELUARAN
1.
Kesekretariatan Rp. 150.000, -
2.
Pesantren kilat Rp.
452.000, -
3.
Seminar Rp. 450.000, -
4.
APE
(Alat Permainan Edukatif) Rp. 500.000, -
+
Jumlah Rp. 1.552.000, -
PEMASUKAN
1.
Dana dari kampus @Rp. 50.000, - X 8 orang Rp. 400.000, -
2.
Dana iuran kelompok
@Rp. 200.000, - X 8 orang Rp.
1.600.000, - +
Jumlah Rp.
2.000.000,
-
I.
LAMPIRAN
1. Jadwal
kegiatan PPL dan KKN Terpadu
2.
Bukti pelaksanaan kegiatan dalam bentuk foto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar