Translate Your Language

Rabu, 20 Juni 2012

Permainan Papan Ajaib

PERMAINAN  PAPAN AJAIB 
Oleh:
Suci Qurota’un                 (0901110005)
Arum Wulansari               (0901110007)
Mistriyanti                        (0901110016)
Isnaeni                             (0901110024)
Fiqih Kartika                   (0901110029)
Alif Nofiyanti                   (0901110039)
Anisa Wulandari             (0901110042)
Putri Urip                         (0901110045)
Lina Ruziati                     (0901110060)
Bismillah, apa kabar hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, Allohuakbar..!!! Kata-kata itu yang sering kita dengar ketika kita bertanya kepada anak-anak Paud tentang kabar mereka (jangan sampai kalah dengan anak-anak Paud ya semangatnya??) 
Setelah kemarin saya memperlihatkan foto-foto teman saya yang membuat dan membentuk plastisin, sekarang saya sudah mempunyai hasil/permainan baru yang menurut saya ide ini sangat bagus untuk anak-anak. Penasaran kan??? Yuk kita simak...
Oyaa, sebelumnya saya tanya dulu? Tahukan kalian matematika itu apa? 
Ya, benar sekali, good. Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang berhitung secara logika. 
Tahukah kalian bahwa matematika itu ternyata bisa diajarkan untuk anak usia dini, tapi secara sederhana tentunya. 
Dan tahukan kalian bahwa Angka, Aritmatika, Aljabar, Geometri dan Trigonometri itu bisa diajarkan untuk anak usia dini, tentunya kita harus tahu dulu pengertian dari masing-masing tersebut. Setelah itu kita bisa mengajarkannya sesuai dengan usianya. 
Tapi disini saya hanya akan menjelaskan tentang Trigonometri, karena ini tugas kuliah saya. Kami (maksud saya, saya dengan kelompok saya, jadi saya sebut kami) disuruh membuat alat permaianan edukatif yang sesuai dengan judul diatas dan dipresentasikan. Menarik bukan? Iya kita memang dituntut untuk kreatif, namanya juga guru Paud, harus kreatif dong, he.. :) 
Permainan ini awalnya ide dari teman saya, tapi sepertinya agak rancu dan wagu ketika teman saya ini menjelaskan tentang permainan ini, karena menurut saya konsep ini tidak sesuai dengan judul makalah kami. Jadi, saya coba kembangkan dan mengeluarkan ide saya. Saya jelaskan bahwa trigonometri itu bagian dari geometri, dan sebagainya. Dan ternyata ideku tidak terlalu buruk dan bisa diterima, syukurlah. 
Okeh, kita lanjut dengan pertanyaan 'kenapa permainan pada papan ini dikatakan ajaib??' (mungkin pertanyaan itu sedang merasuk dalam hati kalian) Oke, saya akan jelaskan kenapa papan ini dikatakan ajaib, karena papan ini bisa membentuk geometri dan trigonometri. Mungkin kalian masih bingung, kalau masih bingung nanti bisa lihat gambarnya, oke? Lanjut ke deskripsi material....
Deskripsi Material
1.      Papan ajaib adalah permaianan untuk mengenalkan konsep trigonometri melalui geometri. Trigonometri adalah bagian dari geometri.  
2.      Permainan papan ajaib menggunakan papan dari kayu yang dilubangi. Pada baris pertama terdapat 2 lubang, baris kedua terdapat 3 lubang dan baris ketiga terdapat 3 lubang, sehingga jumlah lubang pada papan ajaib adalah 7 lubang. (sebenarnya lubang pada baris pertama merupakan kesalahan, tapi masih bisa digunakan kok) 
3.      Lubang pada papan ajaib digunakan untuk menyambungkan pita agar terbentuk suatu geometri.
4.      Bahan dari papan ajaib adalah papan kayu yang dilubangi, pita yang sudah dipotong sesuai dengan bentuk geometri, perekat, lem bakar, lilin dan karambol.
Tujuan
·         Tujuan utama/langsung    : Untuk mengenalkan konsep trigonometri
·         Tujuan tidak langsung      :
-          Untuk mengenalkan bentuk-bentuk geometri (persegi, persegi panjang, trapesium, layang-layang, jajar genjang, belah ketupat dll)
-          Untuk mengenalkan bentuk-bentuk segitiga
-          Untuk mengenalkan warna
-          Untuk melatih motorik halus
Usia
Permainan ini ditujukan untuk usia: 5-6 tahun
Bahasa
Garis, sudut, sisi
Control of Error
Warna pada pita dan panjang pita
Presentasi
1.      Di awali dengan Basmallah.
2.      Memperlihatkan/mencontohkan cara membentuk geometri melalui pita. Misal bentuk persegi, maka cari pita yang sesuai untuk membentuk persegi.
3.      Menjelaskan tentang sudut, garis dan sisi menggunakan bentuk geometri yang diperlihatkan.
4.      Perlihatkan bentuk-bentuk segitiga melalui bentuk geometri. Jelaskan bahwa bentuk geometri dapat berbentuk segitiga jika sebagian geometri itu dipotong/dihilangkan.
5.      Jelaskan bahwa pita tersebut akan membentuk geometri/segitiga jika sudut dan pitanya cocok/sesuai.
6.      Bagikan pita tersebut kepada anak dan biarkan mereka menemukan bentuk geometri.
7.      Beri penghargaan pada anak untuk setiap usaha yang dilakukan.
8.      Evaluasi kegiatan dengan mengajak anak untuk mengingat kembali tentang kegiatan yang dilakukan hari ini.
9.      Akhiri kegiatan dengan ucapan hamdallah dan salam.
Sifat Permainan
Permainan ini dapat dimainkan secara individual, kelompok maupun klasikal.


Ini contoh gambar/foto Papan Ajaib

Contoh membentuk persegi:




Ini adalah bahan-bahan dari Papan Ajaib




Pertama, jelaskan kepada anak bahwa kita akan membuat bentuk persegi. Kemudian buatlah garis lurus menggunakan pita.



Setelah membuat garis lurus, buat garis tegak lurus menggunakan pita




Buat garis lagi




 Jadilah bentuk persegi. Ini merupakan konsep pengenalan geometri.


Untuk mengenalkan bahwa trigonometri bagian dari segitiga, buatlah garis lagi dengan menyilang. Jelaskan bahwa jika garis tegak dan garis lurus pada pita dibuang, maka akan membentuk segitiga. Jadi jika segitiga satu (garis tegak sebelah kiri dan garis lurus atas) digabungkan dengan segitiga yang lainnya (garis tegak sebelah kanan dan garis lurus bawah) maka akan membentuk suatu geometri/persegi.



Kalian dapat mengenalkan segitiga dan persegi

Contoh lain membentuk persegi panjang:


Buat garis lurus



Buat garis tegak



Sudah membentuk persegi panjang



 Untuk mengenalkan bahwa trigonometri bagian dari segitiga, buatlah garis lagi dengan menyilang. Jelaskan bahwa jika garis tegak dan garis lurus pada pita dibuang, maka akan membentuk segitiga. Jadi jika segitiga satu (garis tegak sebelah kiri dan garis lurus atas) digabungkan dengan segitiga yang lainnya (garis tegak sebelah kanan dan garis lurus bawah) maka akan membentuk suatu geometri/persegi panjang.



 Kalian dapat mengenalkan segitiga dan persegi panjang

Sudah jelas kan teman-teman? 
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat kalian para pecinta membaca, dan ini ditujukan khususnya para pendidik diseluruh dunia, semoga selalu kreatif dan inovatif..
Terimakasih untuk Dosen kami, yang tak lelah memberikan masukan yang terbaik buat anak-anaknya. Dan tak lupa terimakasih juga buat teman-teman yang sudah bekerjasama dan dukungannya dalam pembuatan permainan Papan Ajaib ini.
Semoga bermanfaat, jangan lupa kritik dan sarannya..
:)

Tidak ada komentar: