Translate Your Language

Kamis, 15 Maret 2012

UNTUKMU, PARA MEMPELAI DAN PENDIDIK SEJATI

Nasihat Cinta untuk Calon Orangtua

Yang pertama kali dilihat seorang bayi di dunia ini adalah rumahnya dan karib-kerabatnya. Terlukis jelas di benaknya, refleksi ertama dari kehidupan yang dia lihat pada keadaan orangtua dan cara merka mencari nafkah. Maka, terbentuklah pribadinya yang saat itu masih menerima segala sesuatu dan mudah terpengaruh oleh apa pun dalam entukan lingkungan pertama ini.

Imam al-Ghazali mengatakan, "Anak adalah amanat di tangan kedua orangtuanya. Hatinya yang suci adalah mutiara yang masih mentah, belum dipahat maupun dibentuk. Mutiara ini dapat dipahat dala bentuk apa pun, mudah condong kepada segala sesuatu. Apabila dibiasakan dan diajari denga kebaikan, maka dia akan tumbuh dalam kebaikan itu. Dampaknya, kedua orangtuanya akan hidup berbahagia di dunia dan di akhirat. Semua orang dapat menjadi guru dan pendidiknya. Namun apabila dibiasakan dengan keburukan dan dilalikan---seperti dilalaikannya hewan---pasti si anak akan celaka dan binasa. Dosanya akan melilit leher orang yang seharusnya bertanggung jawab atasnya dan menjadi walinya, Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda:

"Setiap anak dilahirkan di atas fitrahnya. Kedua orangtuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Majusi atau Nasrani."

Jadi, Bapak dan Ibu adalah dua unsur yang sangat penting. Mereka berdua mengirimkan anak untuk menempuh pendidikan di sekolah-sekolah khusus---atas nama belajar dan menuntut ilmu---adalah kebinasaan bagi si anak apabila keduanya kurang memerhatikannya. Seperti juga melalaikannya adalah jalan untuk menghancurkannya, na'udzu billah.

Di sini Abul 'Ala mengisyaratkan dengan syairnya:
Seorang anak tumbuh dewasa di antara kita
Sesuai dengan apa yang dibiasakan oleh bapaknya
Seorang pemuda tidaklah beragama dengan begitu saja
Kerabatnyalah yang membiasakannya beragam

"Apabila rumah memiliki semua pengaruh ini pada anak, maka wajib hukumnya merealisasikan tujuan sebenernya, yaitu si anak harus diliputi oleh segala sesuatu yang dapat menumbuhkan ruh keagamaan dan kebaikan dalam dirinya."

To be Contuined,,,,
Bagaimanakah sikap yang baik bagi calon orangtua kepada anak, tunggu lanjutannya ya.
Di kutip dari Prophetic Parenting Cara Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam Mendidik Anak

Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar: