Translate Your Language

Senin, 19 November 2012

DIZKR

Bismillah...
Hari ini saya mau mengeposkan sedikit ilmu yang semoga bermanfaat untuk para pembaca, mengenai DIZKR...
Dizkr à mengingat Allah
QS. Al Imran: 190 – 191
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), ‘Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau Menciptakan semua ini sia-sia; Mahas Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka”.
QS. Ar Ra’d: 28
“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”.
QS. Al Ahzab: 41 – 42
“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya”.
QS. Al Baqarah: 152
“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan jangalah kamu ingkat kepada-Ku”. à ada hukum timbal balik.
Rasululloh saw bersabda kepada sahabat: “Maukah aku tunjukan kepada kalian amal yang paling utama dan paling bersih disisi Allah dan lebih baik dari bertemu musuh kalian lalu kalian menebas leher mereka dan mereka menebas leher kalian? Para sahabat menjawab: Ya wahai Rasululloh. Beliau mengatakan berdzikirlah pada Allah: (HR. Ahmad).
Klasifikasi (pembagian) dizkr ada 3, yaitu:
1.      Berdzikir melalui hati dan lisan à kita berdzikir mengucapkan dengan lisan dan dimaknai dengan hati è paling utama.
2.      Dzikir dengan hati tanpa pengucapan lisan à hanya didalam hati.
3.      Dzikir dengan lisan tanpa memikirkan dengan hati.
Menuntut ilmu dien termasuk berdzikir.
Manfaat dzikir:
1.      Mengusir setan
2.      Mendatangkan ridho Allah
3.      Membesarkan pahala
4.  Menghapus kesalahan dan dosa à hanya dosa-dosa kecil, dosa-dosa besar tidak bisa. (Ex: dosa besar: zina dll)
5.      Memberikan keindahan diwajah
6.      Menciptakan kesenangan hubungan antara hamba dan Allah
7.      Memelihara umur
8.      Mencegah dari berbagai keburukan dan kesalahan
9.      Para malaikat mengingat orang yang berdzikir
10.  Allah mengingat hamba yang mengingatnya
11.  Berada dalam penjagaan Allah
12.  Dzikir melenyapkan rasa gelisah dan sedih
13.  Menjauhkan sifat nifaq dalam hati à nifaq: perbuatan orang munafiq/berdusta
Semoga sedikit catatan ini bermanfaat buat kalian, kritik dan saran sangat saya tunggu..
Jazzakumulloh khoir katsir...

Senin, 12 November 2012

Curahanku

RIHLAH dan SILATURAHMI..
Itulah agenda yg aku tunggu2 setelah kian lama aku sibuk dengan agendaku yang lain..
Hari ini pengalaman yang luar biasa, rihlah dan silaturahim bareng temen2 dari berbagai kalangan, ada yg dari kebidanan, guru TK, sampai anak kuliahan kayak aku.. Pokoknya banyak cerita deh,
kemarin kita nginep bareng ditempatku, asyik deh rasanya..
Pengen deh rihlah bareng lagi ma temen2, disana banyak cerita yang baru dan berbeda-beda. selain itu juga, aku jadi mulai mentafahumi mereka dan lebih deket ma mereka.
Moga kapan2 bisa pergi bareng lagi, dan berbagi lagi...

Sabtu, 10 November 2012

Curahanku

Astaghfirulloh..
Itu terus yang selalu kau bahas kalau aku dirumah..
Membuat aku tak betah dirumah, ingin pergi dari sini, sakit hati ini mendengar apa yang kamu katakan..
Bismillah aja, rezeki mah gak kemana..
Aku gak akan kelaparan selama masih ada Alloh dan teman-teman yang setia bersamaku..
Ya Rabb, kuatkan hamba dan berikan yang terbaik, aamiin...

Kamis, 08 November 2012

PROPOSAL KULIAH KERJA NYATA

PROPOSAL
KULIAH KERJA NYATA
DI SEKOLAH TAMAN KANAK- KANAK KELURAHAN SOKANEGARA





PROPOSAL

Diajukan untuk melengkapi persyaratan
Penyelesaian PPL dan KKN Terpadu 2012

Oleh
1.      Dewi Ngesti Agustin                0901110001
2.      Sumini                                     0901110002
3.      Yuli Supriningsih                       0901110003
4.      Suci Qurrata A’yun                  0901110005
5.      Mistriyanti                               0901110016
6.      Amalia Johaningrum                0901110032
7.      Lu’lu’ Marhalati                       0901110033
8.      Putri Urip Rahayu                    0901110045



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
Tahun 2012/2013



HALAMAN PENGESAHAN

PROPOSAL
KULIAH KERJA NYATA
DI SEKOLAH TAMAN KANAK- KANAK KELURAHAN SOKANEGARA




Oleh :
1.       Dewi Ngesti Agustin               0901110001
2.      Sumini                                     0901110002
3.      Yuli Supriningsih                    0901110003
4.      Suci Qurrata A’yun                0901110005
5.      Mistriyanti                              0901110016
6.      Amalia Johaningrum              0901110032
7.      Lu’lu’ Marhalati H                 0901110033
8.      Putri Urip Rahayu                  0901110045

Telah diperiksa dan disetujui oleh :


                 Kepala Sekolah                              Dosen Pembimbing Lapangan




Yanri Hastuti ST, Spd                                    Melati Ismi Hapsari, Psi.M.Psi
NIP .1966115 198902 2 001              NIK. 21660435

ORGANISASI PELAKSANAAN
1.      Ketua kelompok
       Nama                               :  Lu’lu’ Marhalati Hidayat
       NIM                                 : 0901110033
       Prodi                                : PG- PAUD
       Fakultas                           : FKIP
2.      Sekretaris
       Nama                               : Yuli Supriningsih
       NIM                                 : 0901110003
       Prodi                                : PG-PAUD
       Fakultas                           : FKIP
3.      Bendahara
       Nama                               : Mistriyanti
       NIM                                 : 0901110016
       Prodi                                : PG-PAUD
       Fakultas                           : FKIP
4.      Anggota
       Nama                               : Dewi Ngesti Agustin
       NIM                                 : 0901110001
       Prodi                                : PG-PAUD
       Fakultas                           : FKIP


5.      Anggota
       Nama                               : Sumini
       NIM                                 : 0901110002
       Prodi                                : PG-PAUD
       Fakultas                           : FKIP
6.      Anggota
       Nama                               : Suci Qurrata A’yun
       NIM                                 : 0901110005
       Prodi                                : PG-PAUD
       Fakultas                           : FKIP
7.      Anggota
       Nama                               : Amalia Johaningrum
       NIM                                 : 0901110032
       Prodi                                : PG-PAUD
       Fakultas                           : FKIP
8.      Anggota
       Nama                               : Putri Urip Rahayu
       NIM                                 : 0901110045
       Prodi                                : PG-PAUD
       Fakultas                           : FKIP

 DAFTAR ISI

Halaman Judul ...............................................................................................        i
Halaman Pengesahan .....................................................................................        i
Organisasi Pelaksanaan .................................................................................        iii
Kata Pengantar ..............................................................................................        v
Daftar Isi........................................................................................................        vi
A.    Judul ........................................................................................................        1
B.     Analisis Kebutuhan Sekolah .....................................................................        1
C.     Perumusan Masalah..................................................................................        2
D.    Tujuan dan Manfaat Program .....................................................................       3
E.     Keranga Pemecahan...................................................................................       3
F.      Metode dan Rencana Kegiatan ...................................................................      6
G.    Rancangan Evaluasi......................................................................................      9
H.    Rancangan Kegiatan ....................................................................................      11
I.       Lampiran .....................................................................................................      12
 KATA PENGANTAR

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rakhmatNya kepada kita semua sehingga pada kesempatan ini penyusun diberikan kemudahan dalam membuat  proposal Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan judul “Upaya mengembangkan pembelajaran calistung dengan menggunakan metode Developmentally Appropriate Practice di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara Purwokerto Timur”, tanpa halangan suatu apapun, tidak lupa pula sholawat serta salam senantiasa tercurah pada Nabi kita Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya dan semoga kita tergolong orang-orang yang mendapat syafa’at dari Nya.
Kami sangat mengharapkan atas dorongan dan dukungan dari semua pihak dalam pelaksanaan PPL Terpadu 2012 yang akan kami laksanakan di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara Purwokerto Timur. Semoga Allah SWT memberikan kelancaran kepada kami dalam pelaksanaan PPL dan KKN Terpadu. Amin
والسلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Purwokerto, 31 Juli 2012

Tim PPL Terpadu


A.          JUDUL
Upaya mengembangkan pembelajaran calistung dengan menggunakan metode Developmentally Appropriate Practice di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara Purwokerto Timur

B.           ANALISIS KEBUTUHAN SEKOLAH
TK Sokanegara terletak di Kelurahan Sokanegara. Kecamatan Purwokerto timur, kabupaten Banyumas. Sekolah tersebut terletak di perkotaan sehingga mudah dijangkau masyarakat. Secara keseluruhan sekolah itu telah memiliki sarana dan prasarana yang baik.  Sekolah TK Sokanegara memiliki 6 ruang kelas. Empat diantaranya untuk kelas B dan dua lainnya untuk kelas A. Sekolah tersebut juga 3 kamar mandi, 1 mushola, 1 gudang, 1 perpustakaan, 1 dapur, 1 ruang area, 1 ruang kepala sekolah, dan arena permainan outdoor yang luas.
Hal tersebut di atas dapat kami ketahui dari hasil survei yang kami lakukan pada tanggal 24 - 28 Juli 2012. Kami disambut dan diterima dengan baik oleh kepala sekolah beserta guru-gurunya. Kami juga melakukan wawancara dengan kepala sekolah untuk mengetahui kondisi sekolah. Selain itu, kami juga berdiskusi dengan kepala sekolah mengenai program-program yang akan kami lakukan untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dari hasil diskusi, maka kami dapat mengetahui kondisi internal sekolah.
1.      Realita di TK Sokanegara Purwokerto timur
Berdasarkan hasil survei dan wawancara dengan Kepala Sekolah dapat diperoleh informasi sebagai berikut:
a.         Sekolah Tk sokanegara pada awalnya hanya memiliki 3 kelas untuk kelas B. Akan tetapi karena banyaknya pendaftar baru dan pendaftar SD yang tidak diterima di SD yang diinginkan memilih kembali ke Tk, maka dibuatlah kelas B4.
b.        Dikarenakan permintaan orangtua murid yang menginginkan anaknya bisa baca, tulis dan hitung, akhirnya sekolah tersebut menggunakan 2 kurikulum yaitu kurikulum TK dan kurikulum SD.
c.         Sebelumnya sekolah tersebut menggunakan Satuan Kegiatan Harian sebagai rencana sebelum pembelajaran. Akan tetapi mulai dari tahun ini sekolah tersebut akan menggunakan Rencana Kegiatan Harian.
2.      Permintaan Sekolah
Berdasarkan wawancara dan diskusi kami dengan pihak sekolah baik Kepala Sekolah maupun guru, pihak sekolah meminta agar diadakan semacam kegiatan parenting bagi para orangtua murid dan masyarakat sekitar berkenaan dengan pendidikan dan kesehatan pada anak usia dini. Untuk hal itu, kemungkinan dapat kami realisasikan.

C.          PERUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana pembelajaran yang menyenangkan itu?
2.      Bagaimana mengembangkan pembelajaran calistung melalui metode DAP?
3.      Bagaimana upaya yang dilakukan agar proses belajar anak menjadi lebih menyenangkan?  

D.          TUJUAN DAN MANFAAT PROGRAM
1.      Tujuan Kegiatan:
a.    Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas.
b.    Untuk mengembangkan pembelajaran calistung melalui metode DAP.
c.    Untuk mengetahui upaya yang dilakukan agar proses belajar anak menjadi lebih menyenangkan.
2.      Manfaat Kegiatan :
a.       Dapat membantu guru dalam mengembangkan minat belajar anak didalam kelas.
b.      Membantu anak dalam mengembangkan perkembangan kognitif dan sosial emosional anak.

E.           KERANGKA PEMECAHAN
Setelah mengetahui permasalahan yang ada di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara, dan sesuai dengan apa yang menjadi judul dari program kegiatan ini, maka dapat disusun kerangka pemecahan masalah seperti tabel berikut.



Kerangka Pemecahan Masalah:
No
Program Kegiatan
Jenis Masalah
Pemecahan Masalah
Indikator
1
Seminar Parenting
a.       Seminar
Ø Mengadakan seminar yang ditujukan kepada wali murid dan guru dengan tema pendidikan
Ø  Wali murid dan guru dapat mengetahui pendidikan tentang anak
2
Pesantren Kilat
a.       Ceramah


b.      Cerita 


c.       Mewarnai
Ø Mengadakan ceramah bersama ustadz
Ø Mengundang Kak Imung untuk bercerita
Ø Mewarnai bersama
Ø Memperdalam agama
Ø Memotivasi anak
Ø Mengembangkan kreativitas dan sosialisasi
3
Sholat Jama’ah
a.       Sholat
Ø Sholat berjama’ah yang dilaksanakan oleh seluruh guru dan siswa
Ø  Menjalin keakraban antara guru dan siswa
Ø  Melatih sholat
4
Pembenahan Ruangan
a.       Perpustakaan








b.      Area
Ø Memindahkan barang-barang yang ada diperpustakaan
Ø Membersihkan dan menata perpustakaan
Ø Membuat kode pada buku
Ø Memindahkan APE (Alat Permainan Educatif)
Ø Membersihkan dan menata APE (Alat Permainan Educatif) sesuai dengan Area
Ø Menambahkan APE (Alat Permainan Edukatif) yang baru
Ø  Perpustakaan lebih bersih dan rapi, terawat dan terorganisir
Ø  Area lebih bersih dan dapat digunakan untuk bermain sesuai dengan kebutuhan siswa
5
Workshop



F.       METODE DAN RENCANA KEGIATAN
Adapun metode dan rencana kegiatan yang akan kami laksanakan adalah sebagai berikut:
1.      Program kegiatan                  : Seminar parenting
a.       Jenis kegiatan                  : Seminar
·      Tujuan                       : Wali murid dan guru dapat mengetahui
  pendidikan anak
·      Metode                      : Praktek dan kelompok
·      Rincian kegiatan       :
-       Koordinasi dengan Kepala Sekolah dan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan)
-       Penyerahan surat atau pengumuman untuk wali murid melalui wali kelas pada setiap kelas
-       Mengundang Ibu Melati Ismi Hapsari Psi.M.Psi untuk memberikan pengetahuan mengenai pembelajaran yang menyenangkan untuk anak dan pembelajaran calistung menggunakan metode DAP di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara
2.      Program kegiatan                  : Pesantren Kilat
a.       Jenis kegiatan                  : Ceramah
·      Tujuan                       : Memperdalam agama
·      Metode                      : Praktek dan kelompok
·      Rincian kegiatan       :
-       Mengundang Ustadz untuk memberikan ceramah tentang bulan Ramadhan
b.      Jenis kegiatan                  : Cerita
·      Tujuan                       : Memotivasi siswa
·      Metode                      : Praktek dan kelompok
·      Rincian kegiatan       :
-       Mengundang Kak Imung untuk memberikan cerita yang dapat memotivasi anak
c.       Jenis kegiatan                  : Mewarnai
·      Tujuan                       : Mengembangkan kreativitas dan sosialisasi
·      Metode                      : Praktek dan kelompok
·      Rincian kegiatan       :
-       Mewarnai bersama yang dilaksanakan oleh seluruh kelas TK Kelurahan Sokanegara
3.      Program kegiatan                  : Sholat Jama’ah
a.       Jenis kegiatan                  : Sholat
·      Tujuan                       : Untuk mengakrabkan antara guru dan siswa
  serta melatih sholat
·      Metode                      : Praktek dan kelompok
·      Rincian kegiatan       :
-       Sholat berjama’ah di TK Kelurahan Sokanegara yang dilaksanakan oleh seluruh guru dan siswa di TK tersebut

4.      Program kegiatan                  : Pembenahan ruangan
a.       Jenis kegiatan                  : Perpustakaan
·      Tujuan                       : Perpustakaan lebih bersih, rapi, terawat dan
  terorganisir
·      Metode                      : Kelompok
·      Rincian kegiatan       :
-       Memindahkan barang-barang yang ada diperpustakaan ke ruangan yang baru
-       Membersihkan dan menata barang dan buku
-       Membuat kode pada buku
b.      Jenis kegiatan                  : Area
·      Tujuan                       : Area lebih bersih, rapi dan nyaman untuk
  digunakan bermain
·      Metode                      : Kelompok
·      Rincian kegiatan       :
-       Memindahkan APE ke ruangan yang baru
-       Membersihkan dan menata APE sesuai dengan area
-       Menambahkan APE yang baru
5.      Program kegiatan                  : Workshop
a.       Jenis kegiatan                  : Penyuluhan kepada guru-guru TK
  KELURAHAN SOKANEGARA, TK UMP,
  TK NEGERI PEMBINA
·      Tujuan                       : Memberikan pengetahuan tentang
·      Metode                      : Praktek dan kelompok
·      Rincian kegiatan       :
-       Mengundang Ibu Melati Ismi Hapsari Psi.M.Psi selaku DPL untuk memberikan penyuluhan kepada guru-guru

G.      RANCANGAN EVALUASI
Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan kelompok, sasaran dan tujuan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan, maka perlu diadakan evaluasi.
Adapun indikator pencapaian tujuan dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara adalah sebagai berikut:

1.      Bidang Pembenahan
a.       Perpustakaan
Siswa dapat melihat atau membaca buku secara nyaman.
b.      Area
Siswa dapat bermain secara nyaman sesuai dengan kebutuhannya.
2.      Bidang Program Pilihan
a.       Kegiatan Ramadhan
Yaitu dengan diadakan program pesantren kilat meliputi ceramah dari ustadz, bercerita yang disampaikan oleh Kak Imung, mewarnai bersama dan sholat jama’ah bersama yang dilaksankan oleh seluruh guru dan siswa sehingga dapat mempererat tali persaudaraan dan keakraban antara guru dan siswa di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara.
b.      Kegiatan Seminar
Yaitu dengan diadakannya program seminar parenting yang ditujukan untuk wali murid dan guru di Sekolah TK Kelurahan Sokanegara dengan mengundang pembicara dari Dosen UMP. Hal ini diharapkan wali murid dan guru mengetahui pendidikan tentang anak.
H.      RANCANGAN KEGIATAN
REKAPITULASI PENGELUARAN
1.      Kesekretariatan
-       Kertas 1 rim 80 gram                                           Rp.   50.000, -
-       Penggandaan propsal dan laporan                       Rp. 100.000, -    +



           Jumlah                                                                Rp. 150.000, -
2.      Pesantren kilat
-       Pembicara ustadz                                                 Rp. 150.000, -
-       Pembicara Kak Imung                                         Rp. 200.000, -
-       Kertas manila                                                       Rp.     2.000, -
-       Baner Ramadhan                                                 Rp. 100.000, -    +


            Jumlah                                                                Rp. 452.000, -
3.      Seminar
-       Snack
Jumlah                                                                Rp. 450.000, -  
4.      APE (Alat Permainan Edukatif)               
Jumlah                                                                      Rp. 500.000, -

TOTAL PENGELUARAN
1.      Kesekretariatan                                                                Rp.    150.000, -
2.      Pesantren kilat                                                                  Rp.    452.000, -
3.      Seminar                                                                            Rp.    450.000, -
4.      APE (Alat Permainan Edukatif)                                      Rp.    500.000, -   +
Jumlah                                                                            Rp. 1.552.000, -

PEMASUKAN
1.      Dana dari kampus  @Rp. 50.000, - X 8 orang                Rp.    400.000, -
2.      Dana iuran kelompok @Rp. 200.000, - X 8 orang          Rp. 1.600.000, -    +
Jumlah                                                                          Rp. 2.000.000, -

I.         LAMPIRAN
1.      Jadwal kegiatan PPL dan KKN Terpadu
2.       Bukti pelaksanaan kegiatan dalam bentuk foto